Subscribe to our RSS Feeds
Hello, this is a sample text to show how you can display a short information about you and or your blog. You can use this space to display text or image introduction or to display 468 x 60 ads and to maximize your earnings.

ASSALAMU'ALAIKUM WR. WB. SOBAT SOBAT, KALI INI SAYA AKAN POSTING TENTANG SALURAN-SALURAN AKSES INTERNET NIH, SEMOGA BERMANFAAT AJA YAAHHHH..

0 Comments »
  Dampak globalisasi membuat orang-orang ingin memperoleh akses internet secara cepat dengan 
kecepatan mencapai ribuan kilobit persekon (kbps). Apa yang dimaksud dengan kbps? Faktor apa 
saja yang mempengaruhi kecepatan akses internet?
Kecapatan Akses Intenet dapat diukur berdasarkan bandwith (lebar pita). 
Bandwith merupakan ukuran banyaknya informasi yang mengalir tiap satuan waktu atau 
besarnya kapasitas koneksi internet untuk transfer data.
Satuan yang digunakan yaitu bit per second (bps), kilobit per second (kbps), megabit per second 
(Mbps). 
Konsep bandwith  mempunyai keterbatasan pada panjang atau  jangkauan media/kabel yang 
digunakan dan kecepatan maksimal transmisi data pada kabel/media tersebut  Untuk dapat mengakses internet, ada beberapa saluran telekomunikasi yang dapat digunakan antara lain seperti berikut. 
 Akses Internet dibagi menjadi 2 :
1.  Akses dial up,  menggunakan modem dan saluran telepon. Biaya akses tergantung dari
lama penggunaan.
2.  Akses dedicated,  memberikan layanan nonstop atau unlimited. Biaya langganan tetap
tiap bulan sesuai tarif ISP (Internet Service Provider).

1.Saluran telepon






    Untuk mengakses internet melalui saluran telepon,  kita memerlukan modem. Modem digunakan untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog pada saat data dari komputer akan dikirimkan melalui saluran telepon dan mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital pada saat data dari salura telepon akan diterima oleh komputer. Komputer hanya mengenal data digital, sedangkan saluran telepon hanya bisa mentransmisikan sinyal analog. Saluran telepon digunakan untuk menghubungkan komputer  kita ke ISP untuk mengakses internet.


2.Integrated service digital network (ISDN)


    ISDN merupakan layanan telepon digital berkecepatan tinggi. ISDN memberikan keemungkinan akses internet cepat dengan kecepatan hingga 128 kbps. Akses internet  melelui saluran ISDN juga memerlukan modem khusus meskipun sinyal yang ditransmisikan sudah berupa sinyal digital. Dalam hal ini, modem ISDN tidak melakukan konversi sinyal digital ke sinyal atau sebaliknya, melainkan hanya memproses siyal antara komputer dan saluran ISN.

3. High Data-Rate Digital Subsriber Lines (HDSL)

HDSL nerupakan sistem yang memungkinkan transmisi data berkecepatan tinngi, 1,544 Mbps hingga 2,048 Mbps menggunakan saluran kawat twisted pair.


4.Symetric Digital Subscriber Line (SDSL)

Disebut symetric karena kecepatan aliran data untuk upload sama dengan ketika download. Jangkauan SDSL  tidak lebih dari 3 km, dimana pada jarak tersebut kecepatan aliran datanya dapat mencapai 6 Mbps. Saluran ini cocok untuk akses LAN jarak jauh (remote LAN) atau untuk kompleks Perumahan .

5.Asymetric Digital Subscriber Line (ADSL)

Disebut asymetric karena kecepatan untuk kirim data(upload) berbeda dengan kecepatan download. Kecepatan upload bisa mencapai 8 Mbps, sedangkan download 1 Mbps dengan jangkauan kabel maksimum 5,5 km. 

6.Very High-Bit-Rate Digital Subscriber Line (VDSL)

Dapat mengirim data dengan kecepatan 1,6 Mbps dan menerima data dengan kecepatan 25 Mbps pada jarak maksimum 900 m.

7.Very Small Aperture Terminal (VSAT) 

    VSAT merupakan pilihan bagi mereka yang berada di tempat terpencil dan membutuhkan  koneksi internet dimana tidak ada infrastuktur lain seperti leased line, ADSL, ISDN, bahkan tidak ada juga telepon. VSAT berbentuk seperti piringan besar yang dihadapkan ke langit, dengan ini maka sinyal digital diterima dan dikirimkan ke satelit.  Satelit sendiri mempunyai fungsi sebagai penerus sinyal untuk dikirimkan ke titik lainnya di atas bumi. 
    Kelebihan VSAT yaitu dalam hal jangkauan, sebuah satelit GEO (Geostrasionary Earth Orbit) dapat meliputi lebih dari sepertiga permukaaan bumi.  Wilayah lipurtan yang sedemikian luas  ini secara ekonomis menyebabkan sistem satelit jauh lebih murah dibanding jika harus membangun jaringan serat optik ataupun jaringan terestrial lainnya untuk luas cakupan yang sama.  Terminal VSAT pun mudah dan cepat dalam pemasangan .


8.Radio Paket

    Radio paket merupakan suatu bentuk komunikasi data/aplikasi yang menggunakan gelombang radio sebagai media koneksi. Gelombang radio bisa disebut medium seperti halnya kabel. Pada dasarnya saat kita menggunakan internet, lalu lintas data antara suatu ISP ke backbbone (jaringan utama) bisa jadi lewat radio (satelit Microwave). Untuk akses internet lewat radio, kita harus menggunakan modem khusus untuk radio. 

9.TV kabel

Internet kabel menggunakan kabel koaksial sebagai media aksesnya. Pada awalnya kabel ini hanya digunakan untuk menyalurkan kabel tv saja. Teknologi yang menggabungkan serat optik dan kabel koaksial untuk distribusi pelanggan dikenal dengan teknologi HFC (Hybrid Fibet-Coaxcial). Teknologi HFC merupakan flatform jaringan yang menyediakan tiga saluran sekaligus antara lain saluran TV, akses internet cepat, dan telepon.Kecepatan transmisi data dapat mencapai 38 Mbps.

10.Kabel listrik /Power line Communication (PLC)

Secara prinsip , pengiriman data melalui kabel listrik ini dilakukan dengan menumpangkan sinyal komunikasi yang berisi data di bawah frekuensi aliran listrik. Proses mengalirnya sinyal data dalam mekanisme PLC berawal dari ISP untuk data internet dan ITSP atau operator telepon untuk data akses telepon. Kecepatan akses internet melalui 
saluran ini dapat mencapai 1 Mbps

11.Teknologi Wireless Application (WAP)

WAP adalah sebuah protokol yang memungkinkan para pengguna ponsel dapat mengakses layanan-layan online interenet dengan menggunakan built-in browser pada ponsel. Kecepatak akses 
internetnya dapat mencapai sekitar 9,6 kbps

12.General Packet Radio Service (GPRS)

    Teknologi GPRS (General Packet Radio Service) memungkinkan kita untuk dapat mengakses internet di mana pun berada selama sinyal GPRS tersebut ada. Teknologi GPRS telah cukup lama ditawarkan oleh operator GSM (handphone). Koneksi melalui GPRS memiliki laju kecepatan akses sampai 115 kbps yang berarti kecepatannya dua kali lipat dibandingkan koneksi via dial-up (telepon) yang hanya 56 kbps. Biaya atau tarif GPRS biasanya tergantung pada banyaknya data yang ditransfer (per kilobyte) dan bukan berdasarkan lamanya waktu koneksi internet. Namun, ada beberapa operator GSM yang menawarkan tarif flat per bulan dan bukan hitungan banyaknya data yang ditransfer. Koneksi via GPRS memiliki laju kecepatan akses sampai 115 kbps.

13.Wireless Fidelity (WiFi)

        WiFi merupakan teknologi tanpa kabel yang bekerja seperti telepon seluler di dalam dan di luar rumah namun masih dalam radius jarak dari base station. Area sekitar base station ini juga disebut hotspot. Hotspot adalah lokasi yang dilengkapi dengan perangkat pemancar WiFi sehingga dapat digunakan oleh orang-orang yang berada di lokasi tersebut untuk mengakses internet dengan menggunakan notebook/PDA yang sudah memiliki cardWiFi.Teknologi wireless/nirkabel mampu menyediakan akses internet dengan bandwith besar, 
mencapai 11 Mbps
7:45 PM

0 Responses to "ASSALAMU'ALAIKUM WR. WB. SOBAT SOBAT, KALI INI SAYA AKAN POSTING TENTANG SALURAN-SALURAN AKSES INTERNET NIH, SEMOGA BERMANFAAT AJA YAAHHHH.."

Post a Comment